Anak

AAA 1

Modifikasi RX King dengan Berbagai Macam Model

Yamaha RX King atau motor dengan julukan motor jambret ini memang telah diproduksi sejak tahun 1980an. Meskipun begitu, kini, motor yang tergolong antik ini diminati banyak orang karena motor ini sudah tidak diproduksi lagi sehingga mulai jarang ditemukan.
Dengan modifikasi RX King yang makin canggih, kini motor dengan tampilan maskulin ini semakin banyak diminati dan diburu para pecinta motor antik. Bahkan, tak jarang, para pecinta motor ini mendirikan sebuah komunitas motor yang di Indonesia sendiri, untuk komunitas motor RX King cukup mudah ditemui entah itu di bengkelnya atau mungkin saat sedang touring bersama. Untuk anda yang penasaran dengan motor RX King, sebelum membahas lebih jauh mengenai modifikasinya, sebaiknya anda bisa simak penjelasan mengenai motor antik yang kini bisa mencapai harga 15 juta rupiah ini terlebih dahulu sebagai berikut.
Sejarah RX King
Pada awalnya, RX King dibuat karena adanya permintaan pasar untuk mendesain sebuah kendaraan yang perawatannya mudah, irit, tangguh dan mempunyai kecepatan tinggi. Maka dari itu, diciptakan motor yang satu ini sebagai pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu Yamaha RX 100 yang dijual sekitar tahun 1977 sampai dengan tahun 1981an. Dari model Yaha tipe inilah kemudian diproduksi RX King tahun 1981. Namun, sebelum dikenal sebagai RX King, motor ini bernama RX K yang dijual dari tahun 1981 sampai 1983 saja. Ada beberapa perbedaan antara keduanya yaitu pada bagian transmisi, karburator, head silinder, silinder dan sprocketnya.
Kemudian, di tahun berikutnya, muncullah modifikasi RX King yang terbaru pada tahun 1983. Di pasar Indonesia sendiri, motor keluaran Yamaha ini sukses besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peminat motor ini kala itu yang menjadi tren motor kalangan anak muda. Dengan fakta ini, bukan hal yang aneh jika produksinya bertahan selama 25 tahun yaitu sampai tahun 2008.
Generasi RX King
Dari 25 tahun produksinya, Yamaha terus lakukan pembenahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya 4 generasi berbeda RX King. Di setiap generasinya, ada beberapa hal yang menjadi menjadi ciri khas setiap generasi. Untuk generasi yang pertama, generasi ini disebut dengan Yamaha RX King Cobra. Generasi pertama ini diproduksi mulai tahun 1983 sampai dengan tahun 1995. Disebut dengan Yamaha RX King Cobra disebabkan oleh model tanki motornya yang cukup unik. Tanki motor generasi pertama ini terlihat lebih besar dan lebar seperti ular cobra yang siap untuk mematuk.
Untuk generasi yang kedua ialah RX King Master yang diproduksi dari tahun 1995 sampai dengan tahun 2000. Pada generasi ini, sudah terlihat adanya modifikasi RX King yaitu dengan pemakaian teknologi yang makin canggih. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi YCLS atau Yamaha Computerized Lubrication System.
Sedangkan untuk generasi ketiga disebut juga dengan generasi RX King versi face lift. Dalam motor generasi ketiga ini, ada modifikasi RX King yang dapat dilihat pada bagian lampu dan speedometernya. Lampu berbentuk oval dan speedometer yang berbentuk bulat serta rem depan yang telah dilengkapi dengan teknologi kaliper 2 priston menjadi hal yang sangat menarik. Selain terlihat lebih modern, RX King pun akan mempunyai performa yang makin baik.
Untuk generasi terakhir yang bertahan hingga tahun 2008, keluarlah New King yang didesain dengan mesin 2 tak modern. Mesin 2 tak yang digunakan ini juga dikenal sebagai mesin penghasil polusi udara karena kepulan asap gas pembuangan yang sangat tebal. Selain itu, desain head lamp yang menjadi bulat juga jadi ciri khas lain dari New King.
Modifikasi dari RX King
Untuk saat ini, motor RX King menjadi salah satu primadona motor yang terus dimodifikasi agar tampilannya serta performanya di jalan raya tetap bagus atau bahkan lebih menarik daripada motor keluaran masa kini. Modifikasi RX King dilakukan di beberapa bagian motor ini. Apa sajakah bagian motor RX King yang paling sering dimodifikasi? Untuk anda yang ingin tahu serta ingin mendapatkan inspirasi untuk memodifikasi motor RX King anda, yang harus anda lakukan ialah cukup menyimak penjelasannya di bawah ini.
- Penampilan
Modifikasi RX King yang pertama ialah pada penampilan motor ini. Karena motor yang bisa dikatakan mulai menjadi motor yang antik ini sudah tidak diproduksi lagi, maka akan sangat susah bagi para kingster, mereka yang menggunakan motor RX King, untuk dapatkan motor ini dengan desain yang lebih modern. Maka dari itu, agar tampilan dari RX King lebih ciamik lagi, maka tampilan luar motor pun dilakuakan. Hal pertama yang umum dilakuakan ialah pengecatan ulang motor. Karena warna motor yang monoton membuat penggunanya bosan, maka body motor bisa dicat ulang dengan cat airbrush. Untuk warnanya sendiri, tentu saja hal ini tergantung dari keinginan si pemilik motor. Atau, body motor juga bisa digambar dengan berbagai motif menarik seperti motif batik misalnya atau juga motif lainnya yang akan memepercantik tampilan motor.
- Lampu
Untuk modifikasi RX King yang kedua ialah pada bagian lampu, bisa headlamp atau pun lampu yang ada di bagian belakang. Modifikasi lampu ini memang tidak cukuo banyak dilakukan sebab untuk beberapa model RX King, lampu yang ada menjadi ciri khas dari motor ini. Yang sering dilakukan ialah menghiasi area lampu sesuai dengan warna body motor atau motif body motor agar lebih selaras.
- Mesin
Inilah yang cukuo banyak dilakukan oleh para kingster. Modifikasi dari RX King yang satu ini cukup banyak diminati sebab banyak dari para pemilik motor yang menginginkan performa motor yang lebih baik daripada versi sebelumnya yang mereka miliki. Mesin motor biasanya dimodifikasi menjadi lebih modern agar nantinya di jalan raya, performa motor yang tangguh ini tidak akan kalah dengan motor keluaran paling baru.
- Knalpot
Bagian knalpot pun menjadi bagian motor lainnya yang menjadi target modifikasi. Modifikasi knalpot ini biasanya dibarengi dengan modifikasi bagian motor lainnya. Artinya ialah modifikasi ini dilakukan agar konsep motor tertentu bisa diciptakan. Misalnya saja ialah konsep motor trail yang ingin ditonjolkan. Agar membuat tampilan dari RX King ini semakin terlihat seperti motor trail, maka bagian knalpot bisa sedikit diubah menjadi lebih tinggi. Ditambah dengan modifikasi lainnya, tentu saja, motor RX King akan menjadi semakin keren di jalanan.
Itulah beberapa bagian motor RX King yang sering dimodifikasi. Untuk memodifikasinya, tentu saja pemilik motor harus mendatangi bengkel terpercaya agar hasil modifikasi lebih baik. Modifikasi RX King tersebut tentu saja mempunyai tujuan agar motor yang sudah tidak diproduksi oleh pabrik Yamaha ini semakin diminati dan nantinya bisa menjadi salah satu motor antik yang akan terus ada kedepannya.

Komentar